PROFILE COMPANY TRAVELOKA DENGAN SKALA NASIONAL ATAUPUN INTERNASIONAL BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
MAKALAH DAN PRESENTASI TENTANG PROFILE
COMPANY TRAVELOKA DENGAN SKALA NASIONAL ATAUPUN INTERNASIONAL BESERTA KELEBIHAN
DAN KEKURANGANNYA
Disusun Oleh:
ALDO AZRIAL SUSANTO
ANIS AHMAD ZOU
ERIKO AMIK SUWANTO
JAVIER NATHANIEL DAMANIK
PANDU RAKHA WARDANA
SEPTIAWAN
Dosen:
ADAM HUDA NUGRAHA
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
Bisnis.
Bisnis adalah
kegiatan yang dilakukan oleh individu dan organisasi yang menciptakan nilai
melalui produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi
kebutuhan masyarakat.
Namun sukirno (2010:
20) Bisnis adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan.semua orang atau
individu maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis pastinya untuk mencari
keuntungan agar kebutuhan hidup nya terpenuhi. Tidak ada orang yang melakukan
bisnis untuk mencari kerugian.
Sedangkan Menurut Hooper (2008:35) Bisnis adalah Segala
dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan
(commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur
dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya
yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and
interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh. Ada beberapa pengertian dari ahli
seperti
Teknologi Informasi.
Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.
·
Haag dan Keen (1996)Pengertian
teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu
anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan
pemrosesan informasi.
·
Martin (1999)Pengertian teknologi
informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi
komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk
memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi
untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Bisnis & Informatika.
Bisnis dalam ilmu ekonomi memiliki definisi Sebuah kegiatan menjual suatu
barang atau jasa kepada pelanggan untuk mendapatkan laba. Dalam ekonomi
kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk
untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik
dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha,
atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan
seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan
kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan
meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan
sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah,
masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok
orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis”
sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya penggunaan singular kata
bisnis dapat merujuk pada badan usaha yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis,
dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih
luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.”
Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh
komunitas penyedia barang dan jasa.
Traveloka adalah situs yang berfokus pada pencarian tiket
pesawat, tiket kerta dan booking hotel terbesar di Indonesia. Sistem
dari traveloka sendiri sama persis dengan travel agen konvensional.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Traveloka
memiliki basis operasional di Jakarta. Yang telah menyediakan beberapa
maskapai dengan melayani penerbangan domestik maupun internasional.
Traveloka menggunakan pencarian lebih dari 5.769 rute dalam mencari
berbagai maskapai, hanya diperlukan waktu
beberapa detik saja untuk melihat rute yang dicari.
Traveloka merupakan e-commerce yang masuk dalam jenis
bisnis kekonsumen atau biasa disebut B2C (Business-to-Consumer). Layanan yang
terdapatdi traveloka adalah e-product dan e-service. Contohnya adalah Traveloka menyediakan platform online sehingga dapat digunakan
untuk mencari maskapai penerbangan, kereta api, penginapan,
pertunjukan seni, paket perjalanan wisata, objek wisata, pulsa
prabayar, pembelian tiket bus, sertamembuat reservasi, pemesanan dan/atau
pembelian (layanan).
Tidak hanya untuk membeli
tiket pesawat, traveloka juga melayani pemebelian tiket:
- Kereta api.
- Bus.
- Rental mobil.
- Antar jemput bandara.
- Kereta api bandara.
Kelebihan Traveloka:
·
Pencarian tiket pesawat dan hotel
lebih mudah.
·
Terdapat penjelasan dan pemakaian
traveloka
·
.Mudah dalam segala pembayaran
atau administrasi.
·
Cepat dalam menyampaikan
informasi..
Kekurangan Traveloka:
·
Fokus pada situs booking untuk
dalam negri.
·
Jangkauan pencarian tempat
menginap dan transportasi masih kurang luas.
Hal yang mendukung pembuatan dan
penyebaran traveloka antara lain:
1.
Mudah
Proses yang mudah dan cepat dan anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan
tenaga.
- Hargan termurah
Traveloka mempromosikan harga termurah dari berbagai penjualan tiket lainnya,karena traveloka tidak memberatkan biaya transaksi pada pelanggan atau pengguna.
Kesimpulan:
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket Product Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat dan reservasi hotel. Dalam laman resminya yakni Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket, dan booking hotel serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual. Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai, dan hotel-hotel yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin. Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Sedangkan untuk pemesanan kamar hotel traveloka telah terhubung ke ribuan hotel yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filiphina, Hongkong, danvietnam.
Sumber:
https://autobots-engineer.blogspot.com/2018/10/pengantar-bisnis-informatika.html?m=1
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/BOL-S1-2016-00048%20BAB%20II.pdf
https://smpn1lumajang.sch.id/2020/01/16/coba-posting/#:~:text=Williams%20dan%20Sawyer%20(2003)Pengertian,data%2C%20suara%2C%20dan%20video
https://autobots-engineer.blogspot.com/2018/10/pengantar-bisnis-informatika.html
https://lancangkuning.com/post/30258/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-traveloka.html
0 Comments:
Posting Komentar