SEPTIAWAN

MAHASISWA

Rabu, 09 Maret 2022

PROFILE COMPANY TRAVELOKA DENGAN SKALA NASIONAL ATAUPUN INTERNASIONAL BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

 


MAKALAH DAN PRESENTASI TENTANG PROFILE COMPANY TRAVELOKA DENGAN SKALA NASIONAL ATAUPUN INTERNASIONAL BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

 


Disusun Oleh:

ALDO AZRIAL SUSANTO

ANIS AHMAD ZOU

ERIKO AMIK SUWANTO

JAVIER NATHANIEL DAMANIK

PANDU RAKHA WARDANA

SEPTIAWAN

 

Dosen:

ADAM HUDA NUGRAHA

 

TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

Bisnis.

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan organisasi yang menciptakan nilai melalui produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun sukirno (2010: 20) Bisnis adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan.semua orang atau individu maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis pastinya untuk mencari keuntungan agar kebutuhan hidup nya terpenuhi. Tidak ada orang yang melakukan bisnis untuk mencari kerugian.

Sedangkan Menurut Hooper (2008:35) Bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh. Ada beberapa pengertian dari ahli seperti

 

Teknologi Informasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.

·        Haag dan Keen (1996)Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

·        Martin (1999)Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Bisnis & Informatika.

Bisnis dalam ilmu ekonomi memiliki definisi Sebuah kegiatan menjual suatu barang atau jasa kepada pelanggan untuk mendapatkan laba. Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.

 

 

Traveloka adalah situs yang berfokus pada pencarian tiket pesawat, tiket kerta dan booking hotel terbesar di Indonesia. Sistem dari traveloka sendiri sama persis dengan travel agen konvensional. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Yang telah menyediakan beberapa maskapai dengan melayani penerbangan domestik maupun internasional. Traveloka menggunakan pencarian lebih dari 5.769 rute dalam mencari berbagai maskapai, hanya diperlukan waktu beberapa detik saja untuk melihat rute yang dicari.

 

Traveloka merupakan e-commerce yang masuk dalam jenis bisnis kekonsumen atau biasa disebut B2C (Business-to-Consumer). Layanan yang terdapatdi traveloka adalah e-product dan e-service. Contohnya adalah Traveloka menyediakan platform online sehingga dapat digunakan untuk mencari maskapai penerbangan, kereta api, penginapan, pertunjukan seni, paket perjalanan wisata, objek wisata, pulsa prabayar, pembelian tiket bus, sertamembuat reservasi, pemesanan dan/atau pembelian (layanan).

 

Tidak hanya untuk membeli tiket pesawat, traveloka juga melayani pemebelian tiket:
- Kereta api.
- Bus.
- Rental mobil.
- Antar jemput bandara.
- Kereta api bandara.

 

Kelebihan Traveloka:

·        Pencarian tiket pesawat dan hotel lebih mudah.

·        Terdapat penjelasan dan pemakaian traveloka

·        .Mudah dalam segala pembayaran atau administrasi.

·        Cepat dalam menyampaikan informasi..

Kekurangan Traveloka:

·        Fokus pada situs booking untuk dalam negri.

·        Jangkauan pencarian tempat menginap dan transportasi masih kurang luas.

Hal yang mendukung pembuatan dan penyebaran traveloka antara lain:

1.   Mudah
Proses yang mudah dan cepat dan anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

  1. Hargan termurah
    Traveloka mempromosikan harga termurah dari berbagai penjualan tiket lainnya,karena traveloka tidak memberatkan biaya transaksi pada pelanggan atau pengguna.     
     

 

Kesimpulan:

Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket Product Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat dan reservasi hotel. Dalam laman resminya yakni Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket, dan booking hotel serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual. Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai, dan hotel-hotel yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin. Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Sedangkan untuk pemesanan kamar hotel traveloka telah terhubung ke ribuan hotel yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filiphina, Hongkong, danvietnam.

Sumber:

https://autobots-engineer.blogspot.com/2018/10/pengantar-bisnis-informatika.html?m=1

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/BOL-S1-2016-00048%20BAB%20II.pdf

https://smpn1lumajang.sch.id/2020/01/16/coba-posting/#:~:text=Williams%20dan%20Sawyer%20(2003)Pengertian,data%2C%20suara%2C%20dan%20video

https://autobots-engineer.blogspot.com/2018/10/pengantar-bisnis-informatika.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka#:~:text=Traveloka%20adalah%20perusahaan%20yang%20menyediakan,Derianto%20Kusuma%2C%20dan%20Albert%20Zhang.

https://lancangkuning.com/post/30258/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-traveloka.html

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Ad Code

Responsive Advertisement

Cari Blog Ini

Popular Posts

Most Popular

Ad Code

Responsive Advertisement

Adress/Street

Jl sigma jatimakmur pondok gede

Phone number

Email

iyaayan1234@gmail.com